Bupati Solok Buka Lomba Sekolah Umum Berbasis Pesantren

By Disdikpora Kab Solok 05 Jul 2020, 15:20:46 WIB Pendidikan
Bupati Solok Buka Lomba Sekolah Umum Berbasis Pesantren

Keterangan Gambar : Pendamping dan Peserta Lomba SUBP


Arosuka –  Bupati Solok, H.Gusmal SE.MM membuka Lomba Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP) tingkat SD dan SMP se Kabupaten Solok, Ruang Solok Nan Indah, Arosuka.

Pembukaan lomba tersebut dihadiri oleh Kepala SKPD, Ketua PGRI Kabupaten Solok, Kepala SMP, SD, Guru Pendamping dan Siswa SMP, SD sebagai peserta.

Menurut kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Solok, Zulkisar, S.Pd.MM, penyelenggaraan Lomba SUBP SD dan SMP tentu tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguhan syiar Islam atau berhenti pada rutinitas Lomba SUBP, tetapi lebih jauh menjadi barometer untuk mengukur hasil atau out come kegiatan pembelajaran AL Qur’an yang berlangsung di sekolah, melalui Gerakan Gemar Mengaji dan Shalat Subuh berjema’ah baik di Masjid, di Musholla.

Baca Lainnya :

Apabila seluruh sekolah mampu menyelenggarakan kegiatan pembelajaran berbasis pesantren ( Al-Qur’an) di lingkungan masing-masing berarti sekolah tersebut dapat melakukan SUBP yang berprestasi secara mandiri sehingga dapat mendidik anak anak cinta AL-Qur’an, tambahnya.

Al Qur’an merupakan sumber ilmu pengetahuan yang tak habis-habisnya untuk digali dan dikaji. Untuk itu kajian-kajian Al Qur’an perlu digiatkan dilingkungan sekolah, orang tua dan masyarakat untuk menuju pada pemahaman yang utuh dan benar, tambah  Zulkisar

Kadis menambahkan, penyelenggaraan lomba SUBP Tingkat SD dan SMP ini bertujuan sebagai momen untuk mendorong  meningkatkan pengetahuan, penghayatan dan pengamalan AL Qur’an di lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat Kabupaten Solok dan bangsa kita pada umumnya.

Lomba SUBP Tingkat SD Lombanya Tahfiz, Shalat Jenazah dan MSQ serta SMP  Tahfidz, MSQ dan Khutbah Jum’at, katanya.

Bupati Solok, H.Gusmal,SE.MM dalam sambutannya menyampaikan, Program SUBP dilaksanakan untuk mengajak siswa, orang tua dan masyarakat Kabupaten Solok menjadi masyarakat madani berlandaskan Iman dan Taqkwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Selain itu, tambah Bupati, Pelaksanaan lomba SUBP, jadikan sebagai salah satu tonggak dalam rangka membina pendidikan karakter dalam menuju akhlak mulia bagi siswa. Dawai.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment