Kadiskpora Kabupaten Solok Hadiri Kegiatan Presentasi SUBP di Depan Disdik Kabupaten Tangerang di Gu

By Disdikpora Kab Solok 05 Jul 2020, 14:56:32 WIB Pendidikan
Kadiskpora Kabupaten Solok Hadiri Kegiatan Presentasi SUBP di Depan Disdik Kabupaten Tangerang di Gu

Keterangan Gambar : Kadisdikpora Kab. Solok tengah bersiap memberi pembukaan kegiatan presentasi SUBP


Arosuka –  Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP) merupakan sekolah program pengintegrasian kurikulum pendidikan umum dan pendidikan pesantren. Tujuannya untuk mengedepankan muatan lokal keislaman dan adat ke dalam kurikulum pendidikan sekolah, kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Solok, Zulkisar, S.Pd.MM, dalam pertemuan pada kunjungan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Guest House.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Kabag Kesra Kabupaten Solok, Asep Ajidin, Kabid SMP, SD, Pora, Kasi Kurikulum SMP dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang yang diketuai Oleh Kadis Pendidikan, Drs.H.Hadsa Masyhur, MM.

Kadis Dispora menambahkan, keunggulan yang dimiliki mencakup pengembangan akhlak mulia dan pembinaan kepribadian. Sedangkan, keunggulan yang dimiliki sekolah terletak pada pengembangan mutu akademis.

Baca Lainnya :

Dikatakan Kadis, siswa akan mendapatkan kompetensi sesuai dengan kurikulum Kemendikbud dan Kementerian Agama. Yakni, pengembangan kompetensi kognitif, afektif, psikomotor, dan value yang seimbang untuk bekal di dunia dan akhirat.

SUBP mengupaya kan agar siswa memiliki kemampuan pendidikan umum dan pendidikan agama Islam. Ia mengungkapkan, Sekolah Berbasis Pesantren (SUBP) yang diterapkan di Kabupaten Solok adalah upaya untuk memadukan dua ke unggulan yang dimiliki sekolah dan pesantren.

“Sistem sekolah sebagai pendidikan formal memiliki fungsi sebagai wahana transformasi sosial budaya. Sementara pesantren mempunyai keunggulan sendiri, misi pendidikannya lebih banyak ditekankan pada aspek moralitas dan pembinaan kepribadian” ujarnya.

Menurutnya, ketika pesantren dan sekolah berjalan sendiri-sendiri ada potensi dan kekuatan pendidikan yang tidak terpadukan. Secara umum, program SUBP bertujuan untuk mengintegrasikan keunggulan sistem pendidikan di sekolah dengan keunggulan sistem pendidikan di pesantren. Dawai.

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment