Pendampingan Pembuatan Laporan Semester 1 Dana Bantuan Operasional Sekolah

By Disdikpora Kab Solok 21 Agu 2022, 14:35:17 WIB Kesekretariatan/UMUM dibaca : 563 kali
Pendampingan Pembuatan Laporan Semester 1 Dana Bantuan Operasional Sekolah

Pada tanggal 11 Agustus 2022, bertempat di SDN 22 Kubung, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Solok mengadakan kick off pendampingan pembuatan laporan semester 1 Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kepada sekolah-sekolah SD yang ada di lingkungan Kabupaten Solok. Acara ini dibuka oleh Sekretaris Disdikpora, Anthony Saliza, dengan didampingi oleh Analis Keuangan Pusat dan Daerah Disdikpora, Meri Gusda Yuna, dan juga rekan-rekan lainnya dari Bidang Pembinaan Pendidikan SD dan Sekretariat. Inisiatif pendampingan ini dilakukan karena masih banyaknya ditemukan sekolah yang belum memahami tentang pembuatan laporan semesteran dana BOS.

Pentingnya pendampingan ini adalah untuk mempercepat sekolah membuat laporan semesterannya. Anthony Saliza dalam sambutannya juga menjelaskan bahwa sebelumnya pihak sekolah menyelesaikan laporan tersebut dalam waktu ±4 hari, sementara dengan adanya pendampingan dari pihak Disdikpora ini, melalui aplikasi yang dirancang pihak Disdikpora Kabupaten Solok, maka laporan semesteran dana BOS dapat diselesaikan jauh lebih cepat yakni hanya beberapa jam saja. Ia juga menyampaikan bahwa sebelumnya Kabupaten Solok telah menjadi yang tercepat dalam pelaporan K7 Online menggunakan ARKAS di Wilayah Sumatera Barat. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari kerja sama yang baik antara Disdikpora dan  semua Kepala Sekolah beserta jajarannya yang ada di lingkungan Kabupaten Solok. Beliau juga mengharapkan semangat yang sama dalam penyelesaian laporan semesteran dana BOS ini sehingga dapat selesai sesuai yang direncanakan.

Selain itu, kegiatan pendampingan ini juga dilatarbelakangi oleh terdapatnya beberapa model laporan yang diminta sesuai Permendagri Nomor 24 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana BOS pada Pemerintah Daerah, yang tidak ada di Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS). Atas dasar inilah, dengan dikomandoi Sekretaris Disdikpora Kabupaten Solok, dibuatlah aplikasi penyusunan laporan semesteran dana BOS tersebut dan juga diajarkan ke pihak sekolah-sekolah mengenai teknis penggunaan aplikasinya sehingga laporan dimaksud langsung diselesaikan di tempat dan pada saat hari pendampingan itu juga.

Baca Lainnya :


Terhadap kegiatan pendampingan tersebut, hingga saat ini, tanggal 22 Agustus 2022, telah dilakukan pendampingan terhadap sekolah dasar yang ada di Kecamatan Kubung, Kecamatan Junjung Sirih, Kecamatan Payung Sekaki, Kecamatan Tigo Lurah, Kecamatan Hiliran Gumanti, dimana persentase laporan semua sekolah pada kecamatan-kecamatan tersebut telah selesai sebanyak 100% sampai output berupa hardcopy laporan. Tentu saja pendampingan ini masih akan terus dilakukan terhadap sekolah dasar di kecamatan-kecamatan lainnya.

Sementara itu, mulai tanggal 22 Agustus 2022, secara paralel juga telah dilakukan kick off pendampingan pembuatan laporan semester 1 Dana BOS untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP), yakni bertempat di SMPN 4 Lembah Gumanti. Pendampingan untuk sekolah SMP yang diadakan tersebut juga telah selesai sebanyak 100%.

Lebih lanjut, Anthony Saliza juga menjelaskan bahwa, dengan adanya aplikasi yang telah dirancang tersebut serta pendampingan yang dilakukan ini, diharapkan akan sangat membantu pihak sekolah dalam menyusun laporan dana BOS baik untuk saat ini dan untuk pelaporan yang akan datang secara berkelanjutan.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment