Bupati Solok Resmikan SDN 25 Koto Laweh

By Disdikpora Kab Solok 05 Jul 2020, 15:37:32 WIB Sekolah
Bupati Solok Resmikan SDN 25 Koto Laweh

Keterangan Gambar : Bupati Solok, H. Gusmal, SE. MM menandatangani Prasasti


Arosuka – Pendidikan merupakan ajaran mengenai akhlak, kecerdasan pikiran dan agama, kata Bupati Solok, H.Gusmal, SE.MM dalam peresmian Sekolah Dasar Negeri 25 Koto Laweh, Kecamatan Lembang Jaya, di Lapangan SDN 25 Koto Laweh.

Peresmian tersebut di hadiri oleh Kepala Disdikpora Kabupaten Solok, H. Zulkisar, Camat Lembang jaya, Riky Carnova, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Walinagari, beserta Tokoh masyarakat Nagari Koto Laweh. 

Agama akan menyiapkan norma hidup yang komprehensif yang melandasi tujuan pendidikan. Norma ini bersifat stabil karena berpangkal pada norma yang berasal dari Allah SWT. yang secara berangsur disadari manusia dalam lingkup waktu dan agamalah yang menyiapkan dan melahirkan tujuan pendidikan yang sangat bermakna, sebab tujuann tersebut diwahyukan kepada Rasul yang berpangkal pada tujuan diciptakannya manusia, kata Bupati.

Baca Lainnya :

Pendidikan sangat erat kaitannya dengan Agama. Bahkan Agama merupakan landasan terpenting bagi pendidikan. Ilmu pendidikan berlandaskan agama mengandung makna bahwa agama itu menjadi sumber inspirasi untuk menyusun ilmu untuk menyusun ilmu atau konsep-konsep pendidikan dan melaksanakan pendidikan. Teori pendidikan Islam berangkat dari al-Qur’an dan As-Sunnah, sehingga ayat-ayat al-Qur’an dan sunnah Rasul itu dijadikan landasan dalam keseluruhan sistem pendidikan, ujarnya.

Sebagai contoh, Allah SWT menganjurkan umatnya untuk bershadaqah, dengan shadaqah kita diajarkan peduli dengan masyarakat sekitar yang membutuhkan uluran tangan atau bantuan kita. Shadaqah ini mengajarkan nilai-nilai sosial (muamalah) dalam berinteraksi di masyarakat, kata Bupati

Dengan shadaqah seorang anak didik akan merasakan bahwa “saling membutuhkan” pada setiap orang adalah ciri dari kehidupan karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dengan bershadaqah kita juga dapat memberi kebahagiaan dan meringankan kesusahan orang-orang miskin. Ini merupakan contoh kecil dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat, tukuknya.

Dari contoh diatas tersebut, tambah Bupati, mengajarkan dalam kehidupan yang menjadikan suatu bukti bahwa betapa pentingnya nilai-nilai agama diajarkan kepada anak, dimana dalam dunia pendidikan dicakup dalam satu bidang garapan yaitu pendidikan agama.

Jadi, pendidikan mempunyai hubungan yang erat dengan agama dan pendidikan agama mempunyai pengaruh besar dalam pembentukan moral atau etika anak didik, jelas Bupati. Dawai.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment